Tuesday, October 5, 2010

Microsoft Excel 2007 - Mengurutkan Data dengan Sort

Sort adalah perintah untuk mengurutkan data berdasarkan kondisi tertentu. Cara menggunakan perintah ini adalah sebagai berikut :

Tempatkan kursor di dalam tabel data.

Klik menu Data.

Pada ribbon-bar klik Sort.


Kotak dialog Sort akan tampil seperti berikut ini.



Keterangan:

• Bagian Sort by berisikan nama field atau nama kolom yang digunakan sebagai acuan pengurutan data.

• Bagian Sort On digunakan untuk menentukan tipe data yang ingin diurutkan.

• Bagian Order digunakan untuk menentukan kondisi pengurutan data, yaitu secara Ascending (menaik) atau Descending (menurun).

• Tombol Add Level digunakan jika kita ingin mengurutkan data pada beberapa kolom atau beberapa baris sekaligus.

• Tombol Options digunakan untuk menentukan arah pengurutan data, apakah berdasarkan kolom (dari atas ke bawah) atau berdasarkan baris (dari kiri ke kanan).

• Pilihan My data has headers sebaiknya diaktifkan agar pada bagian Sort by dapat terlihat judul kolom atau judul baris yang terdapat pada tabel.

Sebagai contoh, pada tabel karyawan berikut yang telah diurutkan berdasarkan UNIT KERJA

Untuk mengurutkan nama karyawan dari A sampai ke Z, pilih field NAMA pada bagian Sort by lalu tekan tombol Ok.


Perhatikan tampilan data yang telah mengalami perubahan seperti berikut ini. Kolom NAMA masing-masing unit kerja telah diurutkan.


Semoga bermanfaat :)































1 comment: